Jakarta, iBerita.ID 2018 — Pagelaran akbar Hari Belanja Online Nasional (HARBOLNAS), menutup pesta belanja tahun ini dengan peningkatan sebesar 46% jumlah online sales dari tahun lalu. Menurut data Nielsen, Harbolnas 2018 menghasilkan Rp 6.8 triliun penjualan online, yang merupakan Rp 2.1 triliun lebih banyak dari 2017. Produk lokal pun menjadi salah satu faktor dari hasil tersebut, berkontribusi sebesar 46% atau Rp 3.1 triliun dari jumlah online sales. Lebih dari setengah konsumen Harbonas membeli produk lokal, kategori fesyen 56% diikuti oleh kategori kosmetik dan kecantikan dengan 26%. Hasil dari momen tersebut berdampak positif terhadap salah satu UKM Lazada

Salah satu seller Lazada, Dina Febriana, berpartisipasi dalam kehebohan Harbolnas. Ia telah menjadi seller Lazada selama 3,5 tahun. Lapaknya yang bernama Beauty Lover mengalami kenaikan pesanan 10x lipat dari hari biasa. Ia menjual produk-produk kosmetik, perawatan kulit, dan peralatan kecantikan, khususnya untuk wanita. Produk yang paling diminati konsumen pada saat Harbolnas adalah mascara dan paket perawatan wajah.
“Saya mengalami peningkatan penjualan yang signifikan pada saat Harbolnas. Kenaikan pesanan 10x lipat dari hari biasa dan total 15.000 pesanan di Harbolnas tahun ini. Kami sampai menyediakan tempat tambahan khusus untuk packing dan tambahan tenaga kerja juga. Dari semua marketplace yang saya ikuti, di Lazada penjualan saya paling tinggi. Hasil dari penjualan di Lazada saya bisa membeli beberapa aset seperti rumah dan mobil. Saya juga bisa membantu membuka lapangan pekerjaan bagi orang-orang disekitar saya.” Ujar Dina Febriana, Seller Lazada melalui keterenagn resmi di terima oleh iBerita.ID

Pada momen Harbolnas tahun ini, tidak hanya para brand yang ikut serta, tetapi juga para lokal seller dimana mereka semua memberikan penawaran terbaik di pesta belanja akhir tahun yang dipersembahkan oleh Lazada untuk meningkatkan penjualan produknya. Yang spesial lagi, sebagai bentuk komitmen Lazada mencapai 8 juta UKM go online pada tahun 2020, didedikasikan 1 hari khusus pada 11 Desember untuk produk lokal.

“Kami menyadari hasil yang berhasil kami capai ini tidak terlepas dari hasil kerja keras para lokal seller Lazada. Melihat pencapaian luar biasa dari beberapa seller kami ketika 11.11 lalu, kami ingin melanjutkan pencapaian itu untuk 12.12. Ini terbukti dengan melihat pencapaian luar biasa dari salah satu lokal seller kami yang mencapai kenaikan pesanan 10x lipat. Kami terus memberikan dukungan penuh mulai dari pelatihan reguler kepada seller kami, hingga menyediakan fasilitas-fasilitas yang dapat membantu penjualan.” ungkap Monika Rudijono, Chief Marketing Officer Lazada Indonesia.

Kedepannya, Lazada ingin terus menjadikan Harbolnas sebagai momentum untuk para konsumen memuaskan hasrat berbelanja akhir tahun dan juga sebagai momentum untuk para brand hingga seller lokal, mengambil bagian dalam pesta belanja terbesar akhir tahun dan juga berpartisipasi dalam memajukan ekosistem ekonomi digital di Indonesia.@iBerita.ID/Ref

***