Transformasi Digital IKM, Meningkatkan Produktifitas

Jakarta, iBerita.ID 2019-September 2019 – Sebagai langkah mendorong keterlibatan startup dalam revolusi industri 4.0, pada 30 Agustus 2019 lalu Kementerian Perindustrian meluncurkan program Making Indonesia 4.0 Startup 2019 dengan tema “Startup 4 Industry 2019”.

Implementasi industri 4.0 melalui transformasi digital bukan suatu hal yang tidak mungkin dilakukan pada industri kecil dan menengah (IKM), namun hal tersebut perlu upaya bersama dari pemerintah, penyedia teknologi, serta yang terpenting adalah komitmen dari industri kecil menengah itu sendiri.

Pada acara Roadshow Tech Link IKM dan Startup Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka yang diadakan di Trusty Cafe, Bekasi (19/9), Kepala Sub Direktorat IKM Elektronika dan Telematika, Agus Tavip Riyadi mengatakan, “IKM dan UMKM yang jumlahnya 99% dari total jumlah usaha di Indonesia ini selayaknya mendapat stimulan dan perhatian khusus untuk dapat bersaing dan mengembangkan usahanya.”

“Beberapa permasalahan yang dihadapi oleh IKM salah satunya keterbatasan kemampuan dalam digital marketing, pengelolaan supply chain, serta pengolahan data yang dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi bisnis”, jelas Agus.

Rangkaian program “Startup 4 Industry 2019” dimulai dari publikasi dan registrasi yang dilakukan pada tanggal 20 Agustus – 20 Oktober 2019. Serta diawali dengan peluncuran program pada 30 Agustus 2019.
Selanjutnya, Tech Link atau business matching antara IKM dengan startup yang telah dilaksanakan di Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Medan, Batam, Tangerang dan saat ini di Bekasi.

Sosialisasi kompetisi Hack Industry dan Comptech telah dilaksanakan di kota Bandung, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Makassar, Medan, Batam, Tangerang, dan saat ini Roadshow Tech Link dilaksanakan di Bekasi. Roadshow akan berlanjut ke Bali pada 26 September 2019.

“Ekosistem inovasi ini perlu kita bangun bersama-sama sehingga nantinya akan menjembatani antara kebutuhan industri dan inovasi yang dihasilkan. Mari para startup, peneliti, akademisi turut membangun industri Indonesia dengan bergabung dalam gerakan startup4industry.id, pecahkan hackathonnya ikuti kompetisinya,” tutup Kepala Sub Direktorat IKM Elektronika dan Telematika tersebut.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *