Target Pemerintah Infrastruktur Akan Bangun Tol 2.500 Kilometer

Jakarta, iBerita.ID 2019 –Periode kedua pemerintahan Joko Widodo ( Jokowi) menargetkan pertumbuhan pembangunan jalan tol. Bila sebelumnya, penyelesaian jalan tol selama 2014-2019 mencapai 1.852 kilometer, dalam kurun lima tahun ke depan menjadi 2.500 kilometer. “Kalau kita melihat kondisi riil di mana kita bicara Tol Sumatera saja itu kita bicara 2.000 kilometer, kemudian jalan tol di luar yang sudah jadi projects pipeline itu 500 kilometer,” kata Kepala Badan Pengatur Jalan Tol ( BPJT) Danang Parikesit dalam sebuah diskusi di Jakarta, Selasa (29/10/2019).
“At least 2.500 itu sudah jadi komitmen kita lima tahun ke depan,” imbuhnya. Baca juga: Kepala BPJT: Bisnis Jalan Tol Butuh Pemain Baru Hingga akhir 2019, pemerintah menargetkan paling tidak panjang jalan berbayar yang telah beroperasi di seluruh wilayah Indonesia mencapai 2.186 kilometer.

Dengan adanya penambahan target baru tersebut, maka diperkirakan panjang tol yang bisa beroperasi pada 2024 dapat menyentuh angka 4.700 kilometer. Meski demikian, ia menegaskan, angka tersebut belum menjadi sebuah angka pasti. Sebab, tak menutup kemungkinan jumlahnya bakal lebih panjang bila ada prakarsa baru dari badan usaha. “Sekarang ini inovasi muncul karena ada prakarsa badan usaha yang sangat banyak, yang kreatif. Bagaimana dia merancang bisnisnya dalam mengembangkan jaringan jalan tol,” pungkas Danang. @iBerita.ID/Ref

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *