Jakarta, iBerita.ID 2019 –Sebagai Wujud komitmen terhadap gerakan Menyusui Eksklusif dan Sukses MPASI, Komunitas Pejuang ASI Indonesia kembali mengadakan peringatan Pekan ASI Sedunia 2019 pada hari Minggu, 4 Agustus 2019 di salah satu rumah makan di bilangan Jakarta Selatan.

Kegiatan Peringatan Pekan ASI Sedunia dihadiri oleh puluhan Ibu Hamil dan Menyusui dari Jabodetabek, lengkap mengenakan dresscode serba pink khas dari komunitas Pejuang ASI Indonesia.

Peringatan Pekan ASI Sedunia tahun 2019 ini dimulai dengan sharing session oleh dr.Ameetha Drupadi Konselor Laktasi, CIMI sekaligus sebagai founder Pejuang ASI Indonesia yang mengangkat tema Sukses Mengusui Eksklusif dan MPASI.

“Pada dasarnya ASI Eksklusif ialah pemberian gizi optimal kepada bayi baru lahir hingga berusia 6 bulan dengan air susu ibu, tanpa asupan lainnya termasuk air putih, nutrisi asi telah mencukupi dan jadi sumber gizi utama bagi bayi hingga usianya 6 bulan” ujar dr.Ameetha. dr.Ameetha menambahkan, bahwa asupam gizi ibu menyusui serta dukungan suami dan keluarga serta lingkungan menjadi penentu kesuksesan pemberian ASI Eksklusif pada buah hati.

Dalam seminar ini, diberikan pula pelatihan pijat oksitosin yang dipraktekan oleh Ibu dan Ayah ASI yang bertujuan melancarkan supply ASI pada Ibu Menyusui. Tak hanya itu saja praktek menyiapkan Makanan Pendamping ASI atau MPASI juga disampaikan oleh Founder Pejuang ASI Indonesia dr.Ameetha Drupadi. Menu MPASI ialah menu pendamping sarat gizi yang sangat dibutuhkan oleh buah hati dalam proses tumbuh kembangnya. Penyajian MPASI dengan rasa yang enak dan kaya gizi menjadi kunci sukses melawan GTM alias Gerakan Tutup Mulut yang kerap dilakukan oleh ananda jika menolak makanan.

Namun jangan khawatir Mom, alat masak sederhana dengan bahan yang mudah didapatkan juga bisa menjadi modal MPASI yang mencukupi sebut saja bubur nasi,yang dimasak dengan kaldu ayam atau daging sapi bisa dicampur dengan sayuran seperti buncis dan wortel, agar lebih gurih dan mencukupi lemak, Mom juga bisa menambahkan sedikit santan pada makanan si kecil tak lupa bawang merah dan bawang putih agar rasa semakin sedap. Dengan panci masak dan takaran yang cukup dalam 15 menit Mom sudah bisa menghidangkan MPASI bergizi pada ananda jangan lupa untuk melumat makanan dengan sendok dan saringan agar buah hati mudah mencerna.

Antusiasme para peserta Seminar Pekan ASI Sedunia 2019 juga tergambar dalam sesi tanya jawab dan berbagi hadiah yang didukung oleh partner setia Komunitas Pejuang ASI Indonesia antara lain Spectra Baby Indonesia, Asifit, juga Teman Bumil.

Akhir kata tiada kesuksesan dalam Menyusui dan MPASI tanpa niat dan tekad yang kuat, “Semangat Mom, Semua Ibu Pasti Bisa Menyusui” menjadi kata-kata penyemangat yang terus dilontarkan oleh dr.Ameetha Drupadi yang kini melayani konsultasi di Klinik Laktasi RS Mayapada Jakarta dan juga aktif berkeliling daerah membawa Misi Sukses ASI dan Tumbuh Kembang Anak di bawah naungan Kementerian Pemberdayaan dan Perlindungan PerempuanĀ  Anak @iBeritaID/Ref