Menteri Jonan : Rumah Tangga Tidak Mampu Dapat Subsidi Listrik 450 VA

Jakarta, iBerita.ID 2018 — Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonanmengusulkan memberikan subsidi untuk masyarakat tidak mampu yang membutuhkan sambungan listrik. Jonan menjelaskan, banyak masyarakat yang sulit membayar biaya pemasangan listrik.

“Sekarang banyak listrik yang tiangnya sudah ada, bukan karena mereka nggak mampu bayar bulanannya,” kata Jonan kepada Awak Media dalam acara Blak-blakan di Kementerian ESDM, Jakarta Pusat, seperti ditulis Rabu (1/8/2018)

Jonan menambahkan, mereka mampu membayar tagihan listrik setiap bulannya hingga Rp 100.000. Akan tetapi, biaya pasang listrik membutuhkan biaya hingga jutaan rupiah.

“Mereka mampu Rp 70.000-100.000 mampu, tapi pasang listrik itu bisa Rp 1-1,5 juta,” ujar Jonan.

Jonan juga sudah mengusulkan ke Komisi VII DPR RI agar pemasangan listrik dengan daya 450 VA dan 900 VA untuk rumah tangga tidak mampu bisa disubsidi.

“Nah kita usulkan pada komisi VII yang saya kira itu subsidi untuk pemasangan 450 VA, atau 900 VA yang rumah tangga nggak mampu itu,” kata Jonan.

“Saya kira masih hitung subsidinya misalnya kalau 1 juta rumah mungkin ya kali Rp 1 juta subsidi, ya Rp 1 triliun kecil kan la wong PLN itu listriknya Rp 50 triliun lebih masa tambah Rp 1 triliun aja bermasalah,” kata dia. @iBerita.ID/Ref

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *