Konsep Pop-up Selfie Bukan Cuma Milik Vivo

Jakarta, iBerita.ID 2018 –Smartphone konsep Vivo Apex yang muncul di Mobile World Congress (MWC) 2018 sukses menyita perhatian pecinta gadget di penjuru dunia. Tak mau ketinggalan, vendor ponsel Essential ternyata juga mengembangkan smartphone dengan konsep yang sama.

Disebut menarik karena Vivo menempatkan kamera depan di tempat yang tersembunyi di bawah bodi. Kamera dengan lensa 8 MP ini bisa muncul dari sisi atas bila dibutuhkan dan memakan waktu hingga 0,8 detik hingga siap digunakan. Banyak orang yang menyebutnya dengan istilah pop-up selfie.

Langkah ini dilakukan untuk mengakomodir layar penuh tanpa ada celah sedikitpun seperti notch pada iPhone X. Karenanya, urusan sensor-sensor, seperti sidik jari dan proximity diletakkan di bawah layar.

Apa yang dipamerkan oleh Vivo ini memang terbilang inovatif. Meski demikian, Vivo bukan satu-satunya vendor yang memiliki ide tersebut. Essential yang merupakan vendor ponsel besutan Andy Rubin (bapak Android), juga punya konsep serupa.

Konsep pop-up selfie ala Essential.Konsep pop-up selfie ala Essential. Foto: BGR

Malahan, dari kicauan Rubin Essential telah mengajukan paten ponsel dengan pop-up selfie sejak bulan Mei 2016, demikian dikutip iBerita.ID dari BGR, Senin (5/3/2018). Paten tersebut diisi di bawah nama ‘Perlengkapan dan metode untuk memaksimalkan area layar dari perangkat mobile’.

Dalam kicauan Rubin tadi disertakan pula gambar paten yang menunjukan konsep pop-up selfie mirip Vivo Apex. Karena ponsel ini masih berbentuk konsep, maka Vivo tak harus mendapat lisensi. Lain cerita bila vendor ponsel asal China itu akan memproduksinya secara masal, iBerita.ID/Ref

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *