Jembatan Terpanjang Indonesia, Batam dan Bintang Akan Di Bangun

Jakarta, iBerita.ID 2019 –Rekor Jembatan Suramadu sebagai jembatan terpanjang di Indonesia, dalam waktu dekat segera dikalahkan. Hal ini menyusul rencana pemerintah membangun jembatan yang menghubungkan Pulau Batam dan Bintan.
“Beberapa waktu lalu dirinya telah bertemu dengan Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun untuk membahas persoalan ini,” Hal ini disampaikan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono di kantor PUPR, Jumat (12/4/2019).
Indonesia sebentar lagi akan kembali mencatat rekor jembatan terpanjang.
Pasalnya jembatan yang menghubungkan antara Pulau Batam dan Pulau Bintan akan dibangun paling lambat mulai tahun 2020.
“Belum. Tapi akan kita mulai nanti paling lambat 2020,” ujar Basuki saat ditanya target pembangunan jembatan tersebut.
Jembatan yang rencananya akan dibangun dengan kisaran biaya Rp 4-5 triliun tersebut digadang-gadang akan menjadi yang terpanjang di Indonesia.

Pasalnya saat ini jembatan terpanjang yang sudah berdiri tegak di wilayah NKRI adalah Jembatan Suramadu. Megastruktur tersebut menghubungkan antara Surabaya dengan Madura dengan total jarak 5,43 kilometer.

Berbeda dengan Suramadu yang hanya menyambungkan dua daratan, jembatan Batam-Bintan (Babin) akan melewati empat pulau, yaitu Tanjung Taluk, Pulau Ngenang, Tanjung Sauh, dan Lobam.

Memperkirakan bentuk struktur, tampaknya jembatan Bintan juga akan dibangun tinggi di atas permukaan laut. Pasalnya daerah di sekitar area pembangunan merupakan wilayah pelayaran.

Itulah yang juga terjadi pada Suramadu, yang mana jembatan tersebut ditinggikan hingga 35 meter di atas permukaan laut. Inilah yang membuat pembangunan jembatan menjadi relatif mahal.

Dari sisi pembiayaan, Jembatan Babin tampaknya akan mirip dengan Suramadu.

Sedangkan sisanya diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2003-2008. Hal tersebut disampaikan oleh Basuki, Sabtu (27/10/2018).

Dengan adanya jembatan Babin, transportasi menuju/dari Pulau Bintan yang semakin lancar diharapkan dapat meningkatkan aktivitas pariwisata.

Pasalnya Pulau Bintan merupakan tujuan wisata yang cukup ternama di kawasan Kepulauan Riau dan sekitarnya. Apalagi bila lalu lintas di jembatan tersebut tidak dipungut biaya. Dengan ini, potensi ekonomi di Batam bisa semakin dimaksimalkan. Karena kemungkinan besar wisatawan asal Singapura dan Malaysia akan melewati Batam terlebih dahulu sebelum mengarah ke Bintan.

Jembatan Batam-Bintan Bakal yang Jadi Terpanjang Se-Indonesia
Foto: Pulau Batam dan Bintan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *