Innalillahi wainnailaihi rojiun, Ani Yudhoyono Tutup Usia

Jakarta, iBerita.ID 2019— Innalillahi wainnailaihi rojiun. Kabar duka datang dari keluarga Presiden ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Istri SBY, Anni Yudhoyono, meninggal dunia, Sabtu (1/6/2019).

Ani Yudhoyono wafat dalam perawatan di National University Hospital, Singapura akibat sakit kanker darah yang dideritanya. Ani tutup usia pada pukul 11.50 waktu Singapura.

SBY harus merelakan istri tercintanya, Ani Yudhoyono, pulang ke haribaan Ilahi. Ibu Ani, yang bernama lengkap Kristiani Herrawati, wafat setelah melawan penyakit kanker darah yang dideritanya

Sebelum wafat, dia menjalani perawatan intensif di National University Hospital (NUH) di Singapura sejak 2 Februari 2019. Penurunan kondisi kesehatan Ani saat itu bersamaan dengan mulai memanasnya musim kampanye Pemilu 2019.

Setelah menjalani perawatan intensif di Negeri Singa, beliau tak lagi sering berkomunikasi dengan masyarakat. Padahal, sebelum dirawat di negara tetangga itu, Ani biasa berkomunikasi dengan masyarakat melalui akun-akun media sosialnya.

Perempuan kelahiran Yogyakarta, 6 Juli 1952 itu semasa hidupnya memang dikenal aktif bermain media sosial. Putri dari Sarwo Edhi Wibowo dan Sunarti Sri Hadiyah ini dikenal suka memajang foto keluarga dan kegiatannya di media sosial (medsos) Instagram.

Hingga kini, akun Instagram Ani Yudhoyono telah memiliki 6,4 juta pengikut. Ada 3.661 foto yang tercatat pernah diunggahnya di medsos itu selama hidup. Banyaknya foto yang diunggah membuktikan hobinya dalam dunia fotografi.

Kegemaran Ani bermain Instagram dimulai tepat setelah SBY menyelesaikan tugasnya sebagai presiden pada 2014. Tapi, sebelumnya dia juga kerap mengambil foto-foto indah selama menjadi Ibu Negara selama satu dasawarsa.

Sebelum mendapat titel Ibu Negara, Ani Yudhoyono pernah menjabat sebagai Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat. Setelah itu, dia tak pernah lagi memegang jabatan di partai politik (parpol) manapun.

Pasangan Ani Yudhoyono dan SBY menikah pada 30 Juli 1976. Pernikahan mereka terjadi setelah SBY dilantik menjadi Perwira TNI.

Pasangan ini memiliki dua anak yakni Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono. Saat ini, keduanya menempuh karir sebagai politikus.

Semasa remaja, Ani Yudhoyono sempat menempuh pendidikan di Jurusan Kedokteran Universitas Indonesia (UI). Tetapi, pendidikannya di UI tidak selesai lantaran harus berpindah-pindah tempat tinggal mengikuti pekerjaan sang ayah.

Dia lantas melanjutkan kuliah ke Universitas Terbuka dan mengambil Jurusan Ilmu Politik. Setelah itu, dia bertemu SBY pada 1973.

Dalam buku biografi Ani Yudhoyono disebutkan, pertemuan dirinya dengan SBY terjadi saat Ani muda menemani ayahnya meresmikan barak Taruna di Magelang. Setelah itu, Ani dan SBY rajin berkomunikasi hingga resmi bertunangan setahun setelahnya dan menikah pada 1976.

Kini, Ani Yudhoyono telah pulang ke pangkuan Ilahi. Kisah hidupnya akan selalu diingat dan dikenang masyarakat Indonesia.

Kisah Cinta Ani Yudhoyono

Kristiani Herrawati dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) mengikat janji suci pada 30 Juli 1976 silam. Ani Yudhoyono setia mendampingi SBY hingga tutup usia setelah mengidap kanker darah.

Pertemuan Ani dengan SBY awalnya dimulai ketika Ani sering ikut ayahnya, Sarwo Edhie, yang ketika itu merupakan Gubernur Akabri. Ani selalu hadir dalam acara ayahnya.
Tahun 1973 adalah waktu pertama kalinya Ani bertemu dengan SBY. Saat itu bertepatan dengan acara peresmian barak taruna di Magelang. Ani, yang masih gadis, terpesona oleh sosok SBY yang berwibawa, tampan, atletis, dan tenang.

Buntut pertemuan itu, SBY akhirnya bertandang ke rumah Ani. Dari sinilah, mereka mulai merangkai kisah cinta dengan saling berkirim surat. Pada 1974, saat Sarwo Edhie menjadi duta besar, Ani dan SBY akhirnya resmi bertunangan. Tepat setelah SBY menjadi perwira lulusan terbaik 1973.

Karena Ani berada di Korea Selatan saat itu, mereka pun terpaksa menjalin hubungan jarak jauh selama 1,5 tahun. Namun hubungan jarak jauh itu terbayar oleh pernikahan mereka pada 30 Juli 1976 di Ballroom Hotel Indonesia.

Ani dan SBY telah mengarungi bahtera rumah tangga 43 tahun lamanya. Pasutri ini setia dalam suka dan duka. SBY tetap di sisi Ani Yudhoyono saat menghadapi vonis kanker darah. Dukungan dan kasih sayang diberikan SBY dan keluarganya kepada Ani untuk terus berjuang melawan kanker darah.

Namun takdir berkata lain, Ani Yudhoyono meninggal dunia di National University Hospital, Singapura, Sabtu (1/5/2019) pukul 11.50 waktu Singapura.@iBerita.ID/Ref

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *