Fintech Asetku Penerapan Teknologi Kecerdasan Buatan,AI

Jakarta, iBerita.ID 2019 –Fintech (financial technology) pada dasarnya merupakan layanan finansial yang mencoba memberikan nilai lebih dalam penyampaian layanannya melalui pendekatan berbasis teknologi. Dari perkembangan yang ada saat ini di Indonesia, hampir semua jenis layanan finansial telah coba didigitalkan oleh para inovator. Salah satu yang paling populer adalah layanan pinjaman, atau kini dikemas dalam bentuk peer-to-peer lending.

Di balik operasional layanan berbasis fintech, berbagai varian teknologi masa kini diterapkan, untuk menghadirkan otomatisasi layanan,  ” Saat ini kami sudah menerapkannya. Untuk konsepnya kurang lebih sama dengan yg digunakan fintech2 pada umumnya dimana kami menentukan apakah calon borrower ini layak untuk diberikan pinjaman atau tidak dengan menganalisa berbagai data calon peminjam tersebut dengan logic machine learning.” Kata Andrisyah Tauladan Jabatan Sebagai Direktur Asetku, di Jakarta, 12 Februari 2019

Dimana Calon peminjam akan di screening dulu menggunakan machine learning. Dengan mempertimbangkan beberapa hal seperti history pembayaran yang baik, history transaksi dan pembelian yang baik, profile pribadi individu tersebut. Ketika pendekatan teknologi tersebut sebenarnya sudah diinisiasi di kancah ilmuwan sejak lama, namun penerapannya dalam algoritma yang dimanfaatkan di sektor riil baru mulai terasa akhir-akhir ini.

Asetku untuk mengurangi proses bisnis manual sehingga bisa semi-otomatis menangani operasional khususnya yang berulang sedangkan. Mitigasi resiko dgn menggunakan loan diversification dimana dana lender2 kami akan disebar ke banyak borrower sekaligus untuk mengurangi dampak dari risiko gagal bayar. Lalu tentunya kami memiliki tim risiko sendiri termasuk di dalamnya tim analyst, tim manajemen Collection, dan tim compliance. “Machine learning digunakan untuk men-screening calon borrower kami” Katanya

Ia turut menjelaskan,  sehingga dibutuhkan sentuhan teknologi untuk dapat mendeteksi dan memprediksi kemungki Asetku nan terjadinya risiko tadi secara lebih cepat dan akurat. Proses ini mutlak dibutuhkan oleh perusahaan seperti , karena turut membantu pemangku kepentingan membuat keputusan secara lebih cepat dan baik.

Page utama ada akses ke seluruh produk lending yang ada. Dan bisa ditelusuri langsung ke detil produknya hingga borrower yang standby.

Di page selanjutnya kami memberikan kemudahan informasi mengenai history ttansaksi dan pendanaan yang dilakukan dan berapa pendapatan yang telah didapatkan, dan juga terlihat status pendanaannya.

Halaman selanjutnya berkaitan dengan informasi Account pengguna dimana pengguna.

Ketiga page ini berinteraksi satu sama lainnya untuk memberikan pengalaman pendanaan yang simpel dan menyenangkan dikarenakan tidak ribet memberikan potensi keuntungan yang sudah diestimasi lengkap dengan jangka waktunya sehingga lender dapat dengan mudah memilih untuk menginvestasikan dana hingga potensi keuntungan tersebut tercapai.@iBerita.ID/Ref

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *