Jakart, iBerita.ID 2019– hadir pada gelaran Vape Fair 2019 yang diselenggarakan di JCC Senayan pada 7-8 September 2019. Selama dua hari pameran, BC Jakarta memberikan sosialisasi sekaligus menjawab pertanyaan-pertanyaan pengunjung yang hadir terkait peraturan cukai pada produk hasil tembakau lain (HPTL)

Sejak dikenakan tarif cukai sebesar 57 persen pada liquid vape dengan dikeluarkan PMK 146/PMK.010/2017 Tentang Tarif Cukai Hasil Tembakau pada 1 Juni 2018 lalu, tidak menyurutkan minat masyakarat pada produk vape. Terlihat dari ribuan pengunjung yang hadir pada pameran rokok elektrik ini.

Kasubsi Layanan Informasi Bea Cukai Jakarta, Tri Muharawerti menyampaikan Vape Fair 2019 menjadi momen bagi Bea Cukai Jakarta untuk memberikan informasi terkait produk HPTL baik itu bagi pelaku usaha maupun pengguna.

“Bea Cukai Jakarta turut berpartisipasi dalam pameran vape untuk memberikan edukasi kepada pengunjung perihal peraturan cukai yang berlaku pada produk vape,” ujar Tri

Salah satu peserta pameran, Yogi Babria dari Clawstek Indonesia mengatakan hadirnya Bea dan Cukai pada pameran ini suatu hal yang bagus. Menurutnya, Bea Cukai memberikan dukungan pada industri ini sekaligus bimbingan kepada pelaku bisnis vape untuk mengetahui peraturan yang berlaku.

“Kami jadi mengetahui proses bisnis yang legal, memberikan rasa aman, sebab kami tahu betul apa yang harus dilakukan,” ungkap Yogi. Tidak hanya itu, Bea Cukai memiliki peran penting untuk mencegah masuknya produk vape ilegal.

Senada, Budianto dari JVS, menyampaikan bahwa partisipasi Bea Cukai dalam pameran ini sangat membantu pelaku usaha dalam meningkatkan industri vape. “Dari retail sampai ke user jadi mengetahui fungsi cukai pada produk vape, industri jadi lebih sehat sejak vape dilegalkan” ujarnya.

Pada kesempatan yang sama, Teguh dari Foom, meyambut baik hadirnya Bea Cukai dalam acara ini, sebab menjadi momen di mana para pelaku bisnis dapat berdiskusi langsung terkait permasalahan di industri ini dan mencari solusi bersama. “Kolaborasi antara Bea Cukai dan pelaku usaha vape di sini menjadi awal yang baik untuk menumbuhkan industri ini,” pungkasnnya melalui keterangan resmi di terima oleh media iBerita.ID , di Jakarta , Senin 9 September 2019  @iBerita.ID/Ref