Asetku Incar Salurkan Pinjaman Rp500 Miliar Tiap Bulan

Jakarta,iBerita.ID 2019 — Sejak Januari 2018 hingga sekarang, Asetku, fintech P2P Lending, telah menyalurkan dana lebih dari Rp215 miliar. Perusahaan di bawah naungan PT Pintar Inovasi Digital ini menargetkan penyaluran dana kepada peminjam mencapai Rp 500 miliar tiap bulannya mulai kuartal II tahun 2019.

Andrisyah Tauladan, Direktur Asetku, mengatakan, demi mencapai target tersebut Asetku akan memperluas partnership ke bebagai pihak dan mengembangkan manajemen risiko. “Salah satunya, akuisisi lender. Tahun ini, kami juga berencana mengeluarkan Asetku Syariah dan Asetku Perusahaan (pinjaman ke institusi),” ujarnya dalam konferensi pers Asetku #JelasBerkembang di Jakarta, Senin (11/2/2018)

Ia menerangkan, selama ini dana yang disalurkan langsung kepada perorangan, dengan rata-rata pinjaman Rp 500 ribu – 2 juta, dan tingkat NPL (rasio kredit macet) masih 0%. Ke depannya, Asetku ingin memperluas lagi untuk pinjaman ke institusi atau perusahaan. “Pengembalian dana pokok maupun return kepada pemberi pinjaman masih di angka 100%. Artinya belum ada gagal bayar kepada pemberi pinjaman,” ungkapnya mengklaim.

Andrisyah menambahkan, setiap pendanaan menggunakan fixed return rate, sehingga lender dapat melihat return rate yang pasti, estimasi jumlah pengembalian beserta besaran return dan waktu kembalinya.

Untuk mencari peminjam, Asetku menggandeng Akulaku sebagai mitra eksklusif penyedia peminjam berkualitas. Menurut Andri, hanya peminjam Akulaku yang memiliki grade ‘Sangat Baik’ dengan tenor tertentu yang didanai.

“Sebagai satu grup, kami bekerja sama dengan Akulaku. Ini menjadi salah satu mekanisme filtering. Penentuan grade ini dilihat dari credit history, frekuesi pinjaman, dan ketepatan pembayaran,” katanya

Andri menegaskan, pemberi pinjaman Asetku akan diberikan pengembalian dana pokok beserta return yang menarik. Bahkan, proses pengembalian dananya pun cepat dan mudah melalui aplikasi.

“Setiap pendanaan di Asetku menggunakan fixed return rate. Sehingga pemberi pinjaman dapat melihat return rate pasti, estimasi jumlah pengembalian beserta besaran return, dan jelas waktu kembalinya,” ungkap Andri.

“Kami ingin membuat supaya orang-orang yang punya duit lebih ikut berpartisipasi. Makanya kita kasih intensif yang menarik,” tutur dia.

Asetku juga memberi pinjaman, dari Rp500 ribu hingga Rp2 juta per peminjam. Bunga yang diberikan pun flat, dari 0,3% hingga 0,5% per hari.

“Selama 2018, jumlah lender (pemberi pinjaman) di Asetku hampir 4.000 lender. Sedangkan kalau borrower-nya (peminjam) sekitar 200 ribu,” pungkas Andri.@iBerita.ID/Ref

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *