Jakarta, iBerita.ID 2019 — Sebanyak 575 anggota DPR periode 2019-2024 dilantik hari ini. Mereka adalah para wakil rakyat terpilih hasil Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019.

Paripurna pelantikan anggota dewan digelar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/10/2019). Berdasarkan agenda resmi, acara pelantikan dimulai pukul 10.00 WIB. Mereka akan diambil sumpah atau janji untuk mengemban tugas selama 5 tahun ke depan.

Beberapa di antara anggota dewan yang terpilih di periode ini, ada sejumlah nama yang sudah lama mengisi gedung DPR. Di antaranya Bambang Soesatyo dari Golkar, Fadli Zon dari Gerindra, dan Mardani Ali Sera dari PKS. Sementara itu, sejumlah wajah-wajah baru yang mewarnai keanggotaan DPR periode ini adalah Hillary Lasut dari NasDem, Puteri Komarudin dari Golkar, dan Adriana Charlotte Dondokambey dari PDIP.
Nama-nama anggota dewan terpilih itu sebelumnya telah ditetapkan KPU pada 31 Agustus 2019. Ketua KPU Arief Budiman membacakan satu per satu nama anggota DPR terpilih.

Namun, kemudian sejumlah nama yang telah ditetapkan KPU tergantikan. Partai Gerindra menarik lima anggota dewan terpilih dan menggantikannya dengan nama lain. Salah satunya adalah Mulan Jameela yang menggantikan Ervin Luthfi dan Fahrul Rozi untuk Dapil Jawa Barat XI.

Selanjutnya, Katherine menggantikan Yusid Toyib untuk Dapil Kalimantan Barat I, Yan Parmenas Mandenas menggantikan Steven Abraham untuk Dapil Papua, dan Sugiono menggantikan Sigit Ibnugroho Saraspromo untuk Dapil Jawa Tengah I.

Berikut 575 anggota dewan hasil ketetapan KPU:

Sebanyak 136 anggota DPD RI periode 2019-2024 resmi dilantik. Mereka mengucapkan sumpah atau janji jabatan untuk mengemban tugas untuk lima tahun ke depan.

Pelantikan digelar di Ruang Paripurna I, Gedung Kura-kura, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (1/10/2019). Sidang paripurna pelantikan anggota DPD 2019-2024 dipimpin oleh pimpinan sementara, Sabam Sirait (anggota DPD tertua) dan Jialyka Maharani (anggota DPD termuda).

Sekjen DPD Reydonnyzar Moenek membacakan Keputusan Presiden tentang peresmian keanggotaan DPD RI. Selanjutnya, 136 anggota DPD mengucapkan sumpah/janji sebagai anggota DPD dipandu Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali.

Berikut sumpah/janji anggota DPD masa bakti 2019-2024:

Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai anggota Dewan Perwakilan Daerah dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, sesuai dengan peraturan perundang-undangan, dengan berpedoman pada Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Indonesia Tahun 1945. Bahwa saya dalam menjalankan kewajiban akan bekerja dengan sungguh-sungguh, demi tegaknya kehidupan demokrasi serta mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi, seseorang, dan golongan. Bahwa saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat dan daerah yang saya wakili untuk mewujudkan tujuan nasional demi kepentingan bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Setelah itu anggota DPD melakukan penandatanganan berita acara sumpah/janji, dilakukan secara simbolis oleh 5 anggota DPD. Kemudian mereka menandatangani Berita Acara Sumpah/Janji Anggota DPD. Selanjutnya, pimpinan sementara DPD menutup sidang paripurna.

Pelantikan anggota DPD periode 2019-2024 disaksikan langsung oleh Presiden Joko Widodo dan Wapres Jusuf Kalla. Turut hadir pula beberapa tokoh undangan seperti Presiden RI ke-5 Megawati Soekarnoputri, wapres terpilih Ma’ruf Amin, politikus Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY), hingga sejumlah menteri Kabinet Kerja Jokowi-JK.