5 Rekomendasi Platform untuk Work from Home

Pandemi corona yang terjadi di Indonesia menyebabkan pemerintah membuat kebijakan agar perusahaan memberlakukan work from home atau sistem kerja remote dari rumah untuk para karyawan. Kenapa perlu adanya work from home? Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 semakin meluas dan menekan pertambahan angka kasus positif di masyarakat.

Namun pada nyatanya, bekerja dari rumah dapat membuat komunikasi antara Anda bersama tim menjadi susah. Lalu bagaimana solusinya? Berikut ini ada lima rekomendasi platform untuk work from home agar kerja jarak jauh antara Anda dengan tim tetap bisa berjalan lancar sehingga tidak menurunkan produktivitas selama bekerja.

Platform untuk Work from Home

5 rekomendasi platform untuk work from home (Sumber: instagram.com/ruangkerja)

1. Zoom Cloud Meetings

Platform untuk Work from Home

Zoom Cloud Meetings memudahkan konferensi daring untuk Anda dan tim (Sumber: blog.zoom.us)

Dilansir dari id.softonic.com, saat ini diklaim bahwa lebih dari 170.000 organisasi sudah menggunakan Zoom Cloud Meetings karena sifatnya yang fleksibel. Platform dengan menggunakan teknologi video ini dapat digunakan secara gratis untuk konferensi daring (dalam jaringan atau online) dengan jumlah maksimal partisipan 100 orang dan durasi pertemuan maksimal selama 40 menit. Dengan adanya platform ini, komunikasi tim dalam jumlah banyak dapat menjadi lebih mudah meski dilakukan dari jarak jauh.

2. Trello

Platform untuk Work from Home

Proyek kolaborasi lebih praktis menggunakan Trello (Sumber: tecnosalva.com)

Platform bernama Trello ini dapat digunakan untuk mengerjakan proyek kolaborasi bersama-sama yang membutuhkan banyak interaksi dan diskusi. Pengguna bisa mengakses Trello secara gratis dengan mudah melalui PC (Personal Computer) atau smartphone sehingga pekerjaan bersama tim menjadi lebih praktis. Terdapat empat komponen utama di dalam Trello, yaitu Board (Papan), List (Daftar), Card (Tugas), dan Label, yang bisa diatur sesuai kebutuhan oleh pengguna.

Menurut qwords.com pada laporan bulan Oktober 2019, Trello mengumumkan sudah memiliki lebih dari 50 juta pengguna aktif. Selama work from home, penggunaan Trello akan sangat membantu mulai dari menyusun, melakukan, sampai menyelesaikan berbagai pekerjaan meski Anda dan tim tidak berada di kantor. 

3. Slack

Platform untuk Work from Home

Slack mendukung ruang diskusi antar rekan kerja (Sumber: candid.technology)

Untuk mendukung produktivitas, berbagi berkas, dan komunikasi tim, Anda dapat mencoba salah satu platform percakapan kolaboratif bernama Slack. Platform ini menyediakan fitur Channel yang berguna untuk membuat ruang diskusi Anda bersama tim lebih efektif karena dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan pekerjaan. Dengan adanya fitur Channel ini, antar tim dapat mengerjakan proyek secara transparan. Namun jika ingin bersifat rahasia, Anda bisa mengubah pengaturan Channel menjadi privasi. Selain itu, Slack juga mendukung komunikasi antar pengguna dengan fitur Direct Message.

4. Google Hangouts

Platform untuk Work from Home

Google Hangouts adalah platform komunikasi yang dikembangkan oleh Google (Sumber: theultralinx.com)

Salah satu platform untuk berbagi pesan instan atau percakapan video yaitu dengan melalui Google Hangouts. Cara menggunakannya pun mudah karena hanya cukup terkoneksi dengan akun Gmail. Seperti yang lainnya, platform ini juga dapat digunakan di PC (Personal Computer) atau smartphone. Selain itu, melalui Google Hangouts Meet, Anda pun bisa melakukan konferensi daring dengan jumlah partisipan hingga 250 orang.

5. WhatsApp

Platform untuk Work from Home

WhatsApp menjadi platform paling unggul untuk berkomunikasi (Sumber: soytechno.com)

Tahukah Anda kalau WhatsApp berasal dari frasa What’s Up, yang artinya Apa Kabar? Dilansir dari Whatsapp.com, lebih dari 2 miliar orang dari lebih 180 negara menggunakan WhatsApp untuk tetap terhubung dengan teman dan keluarga, kapan pun dan di mana pun. Multiplatform berbagi pesan instan ini dapat memudahkan komunikasi tim melalui smartphone.

Selain dapat berbagi teks secara personal maupun grup, WhatsApp juga memiliki fitur untuk bisa berbagi foto, video, dokumen, lokasi, dan panggilan suara. Selama bekerja dari rumah, WhatsApp menjadi platform paling unggul untuk menjaga komunikasi antar rekan kerja.

Kelima platform ini jadi rekomendasi untuk Anda supaya kerja dari rumah bisa jadi lebih mudah. Anda dan tim dapat memilih platform apa yang ingin digunakan karena tidak semuanya harus dipakai secara bersamaan. Jangan lupa infokan artikel ini ke tim Anda, ya. Selamat mencoba, Rekan Kerja!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *